RASIO PENGADUAN INDAH SAJAH




Pengaduan yang sering kami terima mengenai “INDA SAJAH” dari pemegang program keuangan adalah kesalahan penulisan formula dan template SPJ. Perbaikan paling lama kami selesaikan selama 1 hari dan langsung dapat di gunakan kembali. Pengaduan biasanya kami terima di awal tahun apabila terdapat perubahan ceara penulisan dan kebijakan baru dari pemerintah. Contohnya di tahun 2020 kami mengalami banyak perubahan terutama dalam penulisan formula dan template. Di awal tahun banyak masukan dan aduan dari pengguna “INDA SAJAH” ada sekitar 15 aduan yang masuk tapi dapat kami selesaikan dan sesuaikan. Sehingga rasio pengaduan yang terselesaikan sebesar 100% (bukti pertanyaan terlampir). Opini dan pengaduan peling sering kami terima melalui laring atau langsung karena ruangan yang berdekatan atau disampaikan saat pertemuan bulanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Daftar Pertanyaan Layanan Pengaduan INDA SAJAH

 

1.      Apa itu inovasi INDA SAJAH?

Inda saja adalah Inpit Data SPJ jadi Mudah

2.      Apa latar belakang dari inovasi ini?

Latar belakang dari inovasi ini adalah pembuatan SPJ secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama

3.      Apa tujuan dari inovasi ini?

Terciptanya tata kelola pemerintahan Puskesmas Puraseda yang berinovasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang efisien sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

4.      Apa tujuan khusus dari inovasi ini?

-          Mengurangi kesalahan dalam pembuatan SPJ Program Kegiatan Kesehatan

-          Mempermudah input data SPJ Program kegiatan kesehatan

-          Menyimpan data SPJ yang terdatabase dengan baik dan mudah dicari

5.      Bagaimana tahapan dari inovasi ini?

-          Membuat jadwal kegiatan SPJ secara daring melalui google spreadsheet

-          Melaksanakan input data di “INDA SAJAH” melalui file excel makro

-          Menghubungkan database excel dengan template di word

-          Melakukan identifikasi apakah terdapat salah input kemudian dokumen SPJ dapat di cetak

-          Apabila ditemukan kesalahan dalam penulisan template maupun formula maka dilakukan perbaikan

-          File perbaikan lalu di sinkronisasikan kembali kemudian di bagian kepada penanggungjawab keuangan Puskesmas Puraseda.

6.      Selain waktu, hal lain apa yang menjadi latar belakang inovasi ini?

Selain waktu, kekeliruan dalam penyusunan SPJ dan sulitnya dokumentasi SPJ ditemukan menjadi hal diciptakannya inovasi ini?

7.      Apa manfaat dari inovasi ini?

Mempermudah dalam pembuatan SPJ dan membuat database yang dapat menyimpan data lebih sederhana

8.      SPJ program apa yang dilaksanakan?

SPJ Program Kesehatan

9.      Tahapan inovasi ini dimulai dari kapan?

Dimulai dari bulan Januari 2020

10.  Apa kendala yang ditemui dalam pelaksanaan inovasi ini?

Dalam peenggunaannya kesalahan yang sering ditemukan adalah kesalahan dalam pembuatan template dan penulisan formula