Pengaduan yang sering kami terima mengenai “INDA SAJAH” dari
pemegang program keuangan adalah kesalahan penulisan formula dan template SPJ.
Perbaikan paling lama kami selesaikan selama 1 hari dan langsung dapat di
gunakan kembali. Pengaduan biasanya kami terima di awal tahun apabila terdapat
perubahan ceara penulisan dan kebijakan baru dari pemerintah. Contohnya di
tahun 2020 kami mengalami banyak perubahan terutama dalam penulisan formula dan
template. Di awal tahun banyak masukan dan aduan dari pengguna “INDA SAJAH” ada
sekitar 15 aduan yang masuk tapi dapat kami selesaikan dan sesuaikan. Sehingga
rasio pengaduan yang terselesaikan sebesar 100% (bukti pertanyaan terlampir).
Opini dan pengaduan peling sering kami terima melalui laring atau langsung
karena ruangan yang berdekatan atau disampaikan saat pertemuan bulanan.
Lampiran
Daftar Pertanyaan Layanan Pengaduan INDA SAJAH
1.
Apa itu inovasi
INDA SAJAH?
Inda saja
adalah Inpit Data SPJ jadi Mudah
2.
Apa latar
belakang dari inovasi ini?
Latar
belakang dari inovasi ini adalah pembuatan SPJ secara manual membutuhkan waktu
yang lebih lama
3.
Apa tujuan dari
inovasi ini?
Terciptanya
tata kelola pemerintahan Puskesmas Puraseda yang berinovasi untuk menciptakan
lingkungan kerja yang efisien sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan
yang optimal.
4.
Apa tujuan
khusus dari inovasi ini?
-
Mengurangi kesalahan
dalam pembuatan SPJ Program Kegiatan Kesehatan
-
Mempermudah input data
SPJ Program kegiatan kesehatan
-
Menyimpan data SPJ yang
terdatabase dengan baik dan mudah dicari
5.
Bagaimana
tahapan dari inovasi ini?
-
Membuat jadwal kegiatan SPJ secara
daring melalui google spreadsheet
-
Melaksanakan input data di “INDA
SAJAH”
melalui file excel makro
-
Menghubungkan database excel
dengan template di word
-
Melakukan identifikasi apakah
terdapat salah input kemudian dokumen SPJ dapat di cetak
-
Apabila ditemukan kesalahan dalam
penulisan template maupun formula maka dilakukan perbaikan
-
File perbaikan lalu di
sinkronisasikan kembali kemudian di bagian kepada penanggungjawab keuangan
Puskesmas Puraseda.
6. Selain waktu, hal lain apa yang menjadi latar
belakang inovasi ini?
Selain waktu, kekeliruan dalam penyusunan SPJ
dan sulitnya dokumentasi SPJ ditemukan menjadi hal diciptakannya inovasi ini?
7. Apa manfaat dari inovasi ini?
Mempermudah dalam pembuatan SPJ dan membuat database
yang dapat menyimpan data lebih sederhana
8. SPJ program apa yang dilaksanakan?
SPJ Program Kesehatan
9. Tahapan inovasi ini dimulai dari kapan?
Dimulai dari bulan Januari 2020
10. Apa kendala yang ditemui dalam pelaksanaan
inovasi ini?
Dalam
peenggunaannya kesalahan yang sering ditemukan adalah kesalahan dalam pembuatan
template dan penulisan formula